FKIP UNPAS pilihan pasti setiap generasi

Study Tour Prodi Math Yogyakarta 2017


TANGGAL PELAKSANAAN ::. 01 Feb 2017 s.d 04 Feb 2017

Tema

:

Yogyakarta, kota yang memiliki banyak daya tarik didalamnya. Keberadaan kota yang memiliki beragam predikat ini berawal dari berdirinya Kasultanannya Yogyakarta pada tahun 1755 (kota Yogyakarta sendiri mulai dibangun pada tanggal 7 Oktober 1756) Kasultanan Yogyakarta dengan rajanya Sultan Hamengku Buwana menjadi cikal bakal Kota Yogyakarta.

Sebagai kota lama, banyak peninggalan yang dapat ditemukan di Yogyakarta dan sekitarnya. Bukan hanya dari abad XVIII M, namun juga pada abad –abad sebelumnya. Pada abad XVI M, Yogyakarta menjadi pusat Kerajaan Mataram Islam. Sementara pada abad VIII M, sekitar Yogyakarta sudah menjadi pusat peradaban khususnya yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan Budha. Hal ini terlihat dengan banyaknya peninggalan candi di wilayah Siwa Plateu (Prambanan, Ratu Boko, Kalasan, dan sekitarnya).

Pada masa kemerdekaan, Yogyakarta juga mengambil peranan penting dalam perjuangan bangsa Indonesia. Banyak tokoh nasional lahir di Yogyakarta dan mempengaruhi perjalanan bangsa ini seperti Ki Hajar Dewantara, KH Ahmad Dahlan, Sultan Hamengku Buwana IX, dan masih banyak lagi lainnya. Banyak peristiwa juga lahir di Yogyakarta seperti Serangan Umum 1 Maret. Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota Negara Republik Indonesia pada tahun 1946-1949. Yogyakarta juga dikenal sebagai kota pendidikan yang banyak dikunjungi oleh pelajar dan mahasiswa Indonesia.

Yogyakarta juga sebuah kota yang masih erat mempertahankan nilai-nilai dan tradisi budaya yaitu Jawa. Budaya itulah yang menjadi modal terbesar dalam pengembangan kota dikemudian hari, termasuk dunia kepariwisataannya. Saat ini Yogyakarta selalu berbenah dalam mewujudkan dirinya sebagai salah satu tujuan utama wisata Indonesia.
( sumber : pratamatrans, Sekilas Tentang Jogja )



Tanggal : 01 Feb 2017 s/d 04 Feb 2017
Tempat : Yohyakarta
Jam : berangkat 1 februari 15.00 WIB s.d. 4 februari 07.